Rabu, 20 Desember 2017

Kitab Ta'lim al-Muta'allim dan Pengakuan Dunia

Photo: Google.com

Bagi Anda yang pernah belajar di pesantren tentu tidak asing lagi dengan kitab kuning yang satu ini, kitab Ta'lim al-Muta'allim. Pengarangnya adalah Imam Az-Zarnuji. Beliau adalah seorang ahli hukum mazhab Hanafi yang menetap di Khurasan dan Transoxania pada akhir abad ke 12. Beliau berasal dari wilayah Zarandj, sebuah kota di Sidjistan. Dari sudut pandang sejarah, az-Zarjuzi layak dianggap sebagai seorang figur intelektual periode awal abad pertengahan Islam (945-1250 M).

Popularitas kitab ini diakui oleh ilmuan modern seperti Khalik A. Totah dan Mehdi Nakostreen, ketika keduanya menyelidiki khazanah pendidikan Islam baik abad klasik maupun pertengahan. Keduanya menyebutkan bahwa kitab Ta'lim al-Muta'allim adalah kitab paling terkenal dalam bidang pendidikan.


Az-Zarnuji juga diberikan pujian karena kitab Ta'lim-nya memberikan sumbangan berupa kerangka konseptual mengenai landasan epistemologis pendidikan Islam. Munculnya edisi brosur az-Zarnuji tentang pendidikan murid Ta'lim al-Muata'allim pada tahun 1907 telah menarik perhatian ilmuan-ilmuan Eropa. Kitab ini juga menjadi inspirasi bagi sejumlah edisi kitab dan karya yang sejenis mulai diterbitkan. Selain itu, semenjak publikasi risalah az-Zarnuji tertang pendidikan Risalah Ta'lim Muta'allim, para orientalis mulai sadar terhadap nilai-nilai prinsip pendidikan Islam.


Dari capaian prestasi karya intelektual az-Zarnuji ini, pada periode berikutnya kitab Ta'lim telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan menjadi literatur penting dalam daftar bibliografi dan footnote karya-karya ilmiah Barat tentang pendidikan Islam yang diterbitkan akhir-akhir ini.


Mungkin kita patut berbangga karena pernah mempelajari kitab legendaris yang tidak hanya terkenal di kalangan pesantren ini tetapi juga mendunia. Hiduup santriiii..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar