Rabu, 20 Desember 2017

BIJAK MEMILAH-MILAH INFORMASI DENGAN BERTABAYYUN

Di era internet ini informasi begitu mudah didapatkan. Ketika kita masuk ke dalamnya, seolah kita masuk ke dalam hutan belantara informasi yang sangat membingungkan. Sulit sekali membedakan mana informasi yang mencerahkan dan mana informasi yang menyesatkan, karena perbedaanya sangat tipis sekali.

Lihatlah informasi yang berselewan melintas di layar medsos kita. Sangat sulit bagi kita membedakan dari sekian informasi yang diterima, mana yang benar dan mana yang hoax. Padahal kebenaran informasi itu sangat kita butuhkan agar tidak terperangkap dan termakan berita-barita bohong yang bisa saja membahayakan diri kita.

Sebenarnya dalam Islam sendiri kita telah diajarkan untuk tidak serta merta percaya dengan berita-berita yang datang kepada kita. Tabayyun mestinya harus dilakukan sebelum kita mempercayai berita yang kita dapatkan dan terlebih penting lagi ketika kita ingin menyebarkanya ke orang lain.

Viralnya berita di media sosial misalnya, tidak serta merta bisa dijadikan sebagai tolok ukur bahwa berita tersebut sudah terjamin kebenarannya. Karena itulah apabila belum terlalu yakin dengan kebenaran berita yang kita dapatkan, lebih baik berdiam diri saja. Tidak usah tergesa-gesa membagikannya ke orang lain.

Bagikanlah berita-berita yang kita sudah yakini kebenarannya kalau kita ingin berbagi. Jangan mudah percaya pada konten-konten yang mengundang dan mengandung provokatif. Walaupun sekilas terlihat baik dan bermanfaat, tetapi kalau lebih ditelisik lagi ternyata hanya hoax dan bertujuan untuk memecah belah umat.


Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar