Rabu, 20 Desember 2017

PROSES DAN HASIL

Tingkat penghargaan seseorang terhadap sesuatu biasanya berhubungan erat dengan bagaimana cara dia mendapatkannya. Sering kita mendengar orang yang mengatakan: "Jangan pandang barangnya pandanglah usahanya". Pada kenyataannya juga kita sering menjumpai orang-orang yang begitu sayangnya terhadap sesuatu dan begitu berartinya sesuatu itu baginya, padahal dalam pandangan kita hal itu biasa2 saja.

Ya, begitulah hidup dan kehidupan. 

Terkadang kita hanya tertipu dan terjebak pada hasil dan lupa pada proses. Demikian juga ketika menilai kesuksesan orang lain, kita hanya terpaku pada apa yang kita lihat hari ini dan lupa dengan perjuangannya hingga bisa seperti yang kita lihat.

Penilaian seperti ini sepintas lalu terlihat tidak berinflikasi apa2, tapi sebenarnya dalam keadaan tertentu sangat membahayakan. Bisa saja karena ingin kaya orang melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Orang-orang seperti ini cenderung berpikiran pendek dan untuk mendapatkan yang ia inginkan. Jadilah segala cara ditempuh, tidak perduli lagi yang mana hak dan bukan haknya, mana yang halal dan mana yang haram semuanya diembat.

Lihat saja misalnya maraknya kejahatan, mulai dari penipuan berkedok investasi bahkan dilabeli dengan agama pula, hingga korupsi yang merugikan negara dan masyarakat bermilyar-milyar hingga tryliunan. Semuanya, sedikit banyaknya bermula karena pikiran-pikiran instan. Mau kaya tidak mau berusaha. Mau sukses tetapi pemalas, dlsb.

Di lain pihak ada orang2 yang begitu gigih, bardisiplin dan kerja keras dalam bekerja. Karena dia meyakini bahwa sesuatu itu tidak datang dengan sendirinya. Semuanya harus diusahai dengan tekun dan penuh perjuangan. Tidak ada sesuatu yang didapat dengan cara instan. Usaha, kerja keras, ketekunan, ketelitian, mutlak harus dilakukan. Sering kali tersandung, terpeleset, jatuh bangun itu adalah hal yang biasa dalam sebuah perjuangan hidup. Karena dia meyakini seberapa besar usaha yang dia lakukan seperti itulah juga yang akan ia dapatkan. Inilah orang2 yang menghargai proses dan menikmati hasil dengan rasa bangga dan bahagia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar