Jumat, 05 Januari 2018

BIJAK MENYIKAPI PERBEDAAN

Beragama sejatinya menjadikan seseorang menjadi lebih baik. Namun, pemahaman keagamaan yang tidak tepat justeru akan menjadikan seseorang ke arah sebaliknya. Tidak sedikit kita lihat kekejian, penindasan dan intimidasi yang terjadi di berbagai belahan dunia ini berlatarbelakang agama (pemahaman keagamaan yang tidak tepat).

Kita mungkin bertanya-tanya kenapa dari ajaran agama yang satu saja terjadi banyak perbedaan pemahaman. Apalagi ketika itu sudah berbeda agama, tentu akan semakin banyak pula perbedaannya. Walaupun demikian tentunya tidak harus menjadikan kita saling sikut, saling mencerca, saling menghina, saling menista dan lain sebagainya.


Bukankah perbedaan itu adalah sebuah keniscayaan. Bukankah perbedaan itu sudah menjadi kodrat Sang Pencipta. Bahwa kita sebagai manusia diciptakan berbeda, tidak sama. Justru dengan perbedaan itulah yang menjadikan kita begitu bermakna hidup di dunia ini.


Dengan menyadari bahwa manusia memang diciptakan berbeda, maka tidak ada lagi keinginan untuk memaksakan kehendak kepada orang lain. Biarlah orang beribadah, melakukan pengabdiannya kepada tuhannya dengan caranya sendiri. Kita tidak usah menghakimi orang lain dengan tindakan-tindakan yang justru jauh dari makna beragama itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar